Cara Mencegah dan Mengatasi Besi Berkarat / Karat / Korosi

Cara Mencegah dan Mengatasi Besi Berkarat / Karat / Korosi

Beberapa cara untuk menanggulangi besi atau logam lain agar tahan dari proses perkaratan :

1. Melapisi besi atau logam lainnya dengan cat khusus besi yang banyak dijual di toko-toko bahan bangunan.

2. Membuat logam dengan campuran yang serba sama atau homogen ketika pembuatan atau produksi besi atau logam lainnya di pabrik.

3. Pada permukaan logam diberi oli atau vaselin

4. Menghubungkan dengan logam aktif seperti magnesium / Mg melaui kawat agar yang berkarat adalah magnesiumnya. Hal ini banyak dilakukan untuk mencegah berkarat pada tiang listrik besi atau baja. Mg ditanam tidak jauh dari tiang listrik.

5. Melakukan proses galvanisasi dengan cara melapisi logam besi dengan seng tipis atau timah yang terletak di sebelah kiri deret volta.

6. Melakukan proses elektro kimia dengan jalan memberi lapisan timah seperti yang biasa dilakukan pada kaleng.

Cara dan Tips Masak / Memasak Mie Instant Indomie, Supermie, Sarimie, Kare, Pop Mie, Mie Gelas dll Baik Mi Kuah Maupun Mi Goreng

A. Langkah / Tahap Memasak dan Menyiapkan Pop Mie dalam Cup

1. Buka lapisan plastik yang menyelubungi kemasan pop mie, lalu buka segel bagian atas namun jangan sampai lepas semua, karena nanti akan ditutup kembali biar cepat matang.

2. Buka bumbu-bumbu dan minyak yang ada dalam kemasan pop mie yang anda buka tadi. Kemudian tuangkan atau tumpahkan di atas mie yang masih kering tadi.

3. Masukkan air panas dari termos atau dispenser. Sebaiknya anda tidak memasukkan air yang suhunya amat sangat panas sekali karena kemasan sterofoam pop mie atau merk lainnya bisa mencair dan larut dalam makanan. Sterofoam adalah zat yang sangat beracun jika masuk ke dalam tubuh anda. Lalu setelah dituang air panas tutup kembali dengan penutup yang masih menempel tadi hingga beberapa menit dan mie sudah empuk.

4. Aduk-aduk mie hingga bumbunya merata. Campurkan saos sambal, kecap, garam, cuka, merica, lada, jahe, lengkoas, mangga, pisang, jambu, dsb seperlunya sesuai selera anda. Sekarang mie telah siap disantap.

B. Langkah / Tahap Memasak dan Menyiapkan Mie Gelas dalam Gelas, Mangkok, Cangkir, dll

1. Caranya hampir mirip dengan mempersiapkan pop mie. Masukkan mie serta minyak dan bumbunya yang sudah dibuka ke dalam wadah gelas, cangkir, mangkuk, piring, dan lain sebagainya.

2. Masukkan air panas atau air mendidih sampai semua tertutup air dan tambahkan air sesuai takaran bumbu dan minyaknya, jangan sampai kebanyakan atau kedikitan, nanti rasanya bisa aneh. Hati-hati dengan air panas, karena kalau terkena kulit bisa fatal akibatnya. Kemudian tutup dengan sesuatu yang bisa menutupi wadah tersebut supaya lekas mateng minya.

3. Sesudah beberapa menit aduk hingga merata dan tambahkan bahan lain sesuai selera anda secukupnya, dan kini mie gelas sudah siap dimakan.

C. Langkah / Tahap Memasak dan Menyiapkan Mie Rebus dan Mie Goreng

1. Siapkan tempat memasak seperti panci, penggorengan, wajan, rantang, dan lain-lain yang bisa menampung air dan cukup untuk memuat mie dan airnya saat dimasak. Masukkan air bersih sesuai ukuran jumlah mie yang mau anda masak. Kemudian rebus air tersebut hingga mendidih dan kuman-kumannya mati.

2. Lalu kemudian anda siapkan piring, mangkok, gelas, dan sebagainya untuk tempat makannya. Lalu tuangkan bumbu-bumbu serta minyaknya ke dalam wadah tersebut sesuai ukurannya. Sebenarnya anda bisa turut merebus bumbu dan minyak ke dalam air setelah mendidih, namun keputusan tetap di tangan anda.

3. Setelah air mendidih masukkan mie yang masih kering kerontang tadi ke dalam air mendidih. Lalu biarkan direbus beberapa menit hingga empuk. Pada saat itu anda bisa memasukkan bahan tambahan penambah gizi seperti telur mentah, bakso, daging, kornet, tempe, tahu dan sayur-sayuran seperti sawi, kol, wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya sesuai dengan selera anda masing-masing.

4. Setelah matang masukkan mie dan kuah mie ke dalam wadah penyaji yang telah disiapkan sebelumnya. Untuk mie goreng anda harus meniriskan mie dengan membuang sebagian besar air kuah dan memasukkan mie dan bahan lainnya dengan hanya sedikit kuah agar terasa enak.

5. Aduk-aduk hingga semua bumbu, minyak dan bahan lain meresap dan menyatu dalam tiap helai mie instan matang tadi hingga sangat merata. Kalau tidak merata rasanya akan asin di suatu bagian, dan hambar di bagian lainnya. Jika sudah rata anda bisa taburi dan tambahkan baang goreng, kecap, saus tomat, saus cabe, dan lain sebagainya sesuai selera. Dan setelah itu mie instan dapat anda makan dengan gembira.

tips umum sains kimia

posting : Hilmi Husada

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s